Rute Termurah Menuju Wisata Pulau Merah Banyuwangi

wisata-pantai-pulau-merah-banyuwangi
Keindahan Pantai pulau merah dengan fasilitas payung teduh

Pantai Pulau Merah, siapa yang tak mengenalnya? saat ini pantai pulau merah menjadi salah satu objek wisata Banyuwangi terbaru dan terkenal tahun 2015. Seperti yang telah dibahas pada artikel sebelumnya mengenai wisata banyuwangi pulau merah, sekarang membahas cara murah dan hemat berwisata ke pantai pulau merah. Buat sobat yang berada jauh dari Banyuwangi, jangan berkecil hati. Kalian tetep bisa berkunjung ke berbagai objek wisata banyuwangi kok, khususnya pantai pulau merah. Apalagi buat sobat yang masih mahasiswa dan suka "backpaker-an" (hehehe, biasanya kan cari yang cocok di kantong). Sebelumnya, ini informasi tambahan peta petunjuk jalan dari kota Banyuwangi menuju pantai pulau merah. Bila perjalanan sobat dimulai dari kota Banyuwangi, sobat akan melewati empat kecamatan, (rogojampi, srono, purwoharjo, pesanggaran). Jarak tempuh sekitar 66 km dengan perjalanan 2 - 3 jam.

Baca juga: Pulau merah, pantai eksotis Banyuwangi




Oke deh, langsung aja, berikut ini cara murah dan hemat berwisata ke pantai pulau merah versi ane:
  1. Jalur Jakarta - Banyuwangi (Alternatif Pertama)
rute-wisata-pulau-merah-banyuwangi
Kereta Kertajaya jurusan Jakarta - Surabaya

  • Buat kalian yang berada di Jakarta, kalian bisa naik kereta api Kertajaya dari Pasar Senen (Jakarta) pukul 14.00 WIB - Pasar Turi (Surabaya) pukul 01.30. Harga tiket hingga artikel ini dipublikasikan sebesar Rp 90.000,-. Karena murahnya harga tiket (dibandingkan dengan kereta api di jurusan yang sama), maka dari itu saya sarankan untuk segera pesan jauh hari sebelum keberangkatan. 
  • Sesampainya di stasiun pasar turi, kalian bisa naik angkot C menuju stasiun gubeng (turun di Jalan Dr. Moestopo) yang seharga Rp 5.000,-. Namun karena keadaan masih dini hari, kalian bisa menggunakan layanan Ojek Online 24 jam atau terpaksa naik taksi. 
  • Dari Surabaya (gubeng) menuju Banyuwangi (stasiun kalisetail) kalian bisa naik kereta api Probowangi dengan harga tiket Rp 68.000,-. Perjalanan sekitar 6 jam, dari gubeng pukul 04.25 WIB sampai di stasiun kalisetail pukul 10.53 WIB.
  • Selanjutnya dari stasiun kalisetail menuju pantai pulau merah kalian bisa menyewa travel, biaya sewa mulai dari (Rp 150.000 - Rp 250.000) lebih baik bila berangkat rombongan. Harga tergantung bagaimana cara kalian menawar. hehehe
  • Akses menuju pantai pulau merah saat ini sangat baik. Jadi lebih mempermudah dan mempercepat perjalanan. Untuk tiket masuk per orang sebesar Rp 2.500,-.
  • Bila kalian ingin menginap, di sekitar pantai banyak masyarakat yang menyediakan "Home stay". Harganya pun relatif, berkisar antara Rp 100.000 - Rp 150.000 per malam.
Rincian biaya alternatif pertama
  • Kereta Kertajaya PP    : Rp 180.000,-
  • Ojek/Taksi          PP    : Rp   30.000,-   (Estimasi Rp 15.000 sekali jalan)
  • Kereta Probowangi PP: Rp 136.000,-   
  • Travel PP                     : Rp 200.000,-   
  • Tiket Pantai                 : Rp    2.500,-
  • Homestay                    : Rp 100.000,-
----------------------------------------------------------+
                                                Rp 648.500,-


      2. Jalur Jakarta - Banyuwangi (Alternatif Kedua)

rute-wisata-jakarta-banyuwangi
Kereta Api Matarmaja jurusan Jakarta - Malang


  • Jalur masih sama, tapi keretanya yang beda. Pada alternatif kedua ini menggunakan kereta Matamaja dari stasiun pasar senen pukul 15.15 WIB menuju stasiun malang pukul 07.50 WIB. Harga tiket untuk saat ini masih cukup murah yakni Rp 115.000,-. 
  • Dari Malang, sobat masih bisa ada waktu 6 - 7 jam sebelum naik kereta selanjutnya. Sobat bisa manfaatkan buat jalan - jalan. Lumayan kan, hilangin penat setelah berjam - jam di dalam kereta. 
  • Dari Malang menuju Banyuwangi menggunakan kereta api Tawang alun. Pukul 15.55 WIB kereta berangkat dari stasiun malang dan sam pai di stasiun kalisetail pukul 22.24 WIB. Harga tiket untuk saat ini Rp 65.000,-
  • Sama halnya alternatif pertama, sobat setelah sampai di Banyuwangi, bisa menyewa travel untuk ke pantai pulau merahnya. Jangan lupa, booking Homestay dulu ya, atau hotel di dekat pantai. 
Rincian biaya alternatif kedua
  • Kereta Matarmaja PP    : Rp 230.000,-
  • Kereta Tawang alun PP :Rp 130.000,-
  • Travel PP                       :Rp 200.000,-
  • Home Stay                     :Rp 100.000,-
  • Tiket Pantai                   :Rp     2.500,-
----------------------------------------------------------+
                                                 Rp  662.500,-

Itu tadi rute termurah dari area Jakarta menuju wisata pulau merah Banyuwangi. Buat sobat yang berasal dari Yogyakarta, kalian juga bisa berwisata murah ke pantai pulau merah ini lho. Sobat Yogyakarta bisa naik kereta api sritanjung dari stasiun lempuyangan langsung menuju Banyuwangi (stasiun kalisetail). Kereta berangkat pukul 07.15 WIB dan sampai di Banyuwangi pukul 20.15 WIB. Untuk rute selanjutnya, sama seperti alternatif pertama dan kedua. 

Rincian biaya rute termurah Yogyakarta - Banyuwangi
  • Kereta Sritanjung PP     : Rp 200.000,-
  • Travel                            : Rp 200.000,-
  • Home stay                     : Rp 100.000,-
  • Tiket Pantai                   : Rp     2.500,-
------------------------------------------------------------ +
                                                   Rp 502.500,-


Bagaimana? sesuai kantong kalian kan? itu tadi cara murah berwisata ke pulau merah. Bagi sobat yang sedang liburan, bingung mau kemana, wisata banyuwangi bisa jadi alternatif buat berlibur. apalagi banyak panorama yang ditawarkan yang tentunya masih segar dan asri.  Bila ada yang kurang jelas dan ingin ditanyakan, silahka melalui kolom komentar di bawah ini yaa... Semoga bermanfaat :)

Baca juga :
1. International Surfing Competition Banyuwangi
2. Banyuwangi International Run 


Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "Rute Termurah Menuju Wisata Pulau Merah Banyuwangi"

  1. Jika masih sekitar Jawa Timur paling pakai Sewa mobil Banyuwangi aja. Bisa dijemput, langsung diantarkan keliling tempat wisata di Banyuwangi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa Kasih tau info homestay disana min??

      Hapus
  2. Anda butuh rental elf banyuwangi dengan harga murah, jangan kawatir karena sudah canggih jaman maka anda cuku menghubungi kami saja, harga mobil banyuwangi yang kompeten membuat kami banyak di percaya sebagai jasa sewa mobil banyuwangi murah. Armada mobil lengkap seperti rental mobil avanza, rental mobil hiace banyuwangi, sewa elf murah banyuwangi. Selain itu kami juga melayani paket wisata murah seperti wisata air terjun kampung anyar kemudia ada wisata unik wedi ireng dll setelah sampai di sana jangan lupa untuk merasakan oleh oleh khas banyuwangi.

    BalasHapus
  3. Sayang sekarang saya sudah tidak tinggal di bwi padahal lahir dan dibesarkan disaya.

    BalasHapus
  4. CAMP DI ALAS PURWO BANYUWANGI, BANYAK ORANG TIRAKAD! Jadi pengen ke Banyuwangi lagi gara-gara baca artikel alas purwo ini.

    BalasHapus